in

Review Terbang Menembus Langit : Film Motivasi Tentang Sang Motivator

Movimagz – Bagi sebagian orang, mungkin sudah tidak asing lagi tatkala mendengar nama Onggy Hianata. Beliau adalah seorang motivator yang namanya sudah mendunia. Value Your Life, lembaga motivator pimpinan Onggy, pun sudah diikuti oleh sejumlah peserta dari 80 negara.

Meski saat ini namanya sudah melangkah ke dunia internasional, namun siapa yang menyangka bahwa dulunya Onggy adalah anak yang lahir di keluarga miskin. Saat dia merantau ke pulau Jawa, dia bahkan sempat menjadi penjual jagung bakar dan kerupuk.

Namun, berkat perjuangan keras dan tekad yang kuat, Onggy bisa sampai ke tahap yang dijalaninya saat ini.

( Foto : Swa.co.id )

Kisah inspiratif Onggy pun diangkat ke layar lebar dengan judul Terbang Menembus Langit yang dibesut oleh Demi Istri Production. Dengan mencantumkan nama Fajar Nugros sebagai sutradara, film ini menembus bioskop sejak tanggal 19 April silam.

Kabarnya, Onggy sendiri pun turut menghadiri proses syuting film ini. Namun, tidak diketahui seberapa besar keterlibatannya dengan jalan cerita dalam film.

Terbang Menembus Langit bermula dari kisah keluarga Onggy yang tinggal Tarakan dengan hidup yang berada di garis kemiskinan. Dengan gaji yang pas-pasan, ayah Onggy harus membiayai sembilan anaknya sekaligus.

Sejak kecil, Onggy dan saudara-saudaranya harus bekerja keras untuk melanjutkan hidup. Saat ayahnya meninggal, Onggy sadar bahwa satu-satunya cara untuk menyejahterakan keluarganya adalah meneruskan pendidikan tinggi.

Dia pun memutuskan untuk pergi ke Surabaya dengan berbekal rasa nekad. Di Surabaya, dia sempat menjadi penjual apel, jagung bakar, dan kerupuk. Seakan belum cukup, dia bahkan sempat tertipu sehingga dia pun harus memulai dari nol lagi.

Di tengah perjuangan yang memelintir banyak keringat, Onggy bertemu dengan seorang wanita bernama Candra di sebuah salon. Setelah beberapa kali mendatangi salon tempat Candra bekerja, akhirnya Onggy melamar pujaan hatinya itu dan memulai kehidupan baru sebuah keluarga yang tidak luput dari tantangan hidup.

( Foto : Id.bookmyshow.com )

 

Film tentang motivator ini memang bekerja layaknya seorang motivator. Pelbagai kesedihan dan penderitaan hidup yang dialami oleh Onggy tidak membuat kita berlarut dalam melodrama, melainkan dalam semangat untuk terus berjuang.

Film ini tampaknya hendak menyampaikan juga persoalan kedudukan Tiong Hoa di zaman Order Baru, tepatnya saat kaum Tiong Hoa seringkali mendapatkan perilaku yang kurang mengenakkan dari para pribumi. Namun, film ini tidak berbicara terlalu dalam soal itu. Film ini memang benar-benar fokus kepada daya motivasi yang digulirkan oleh ceritanya.

Dion Wiyoko selaku aktor dapat mengantarkan sosok Onggy dengan cukup baik. Dia mampu memperlihatkan perubahan Onggy dari masa remaja menuju dewasa tanpa terlalu memaksakan. Namun, jika bicara soal emosi, Laura Basuki selaku pemeran Candra lebih patut diacungi jempol.

Intrik keluarga memang menjadi salah satu titik konflik dalam cerita ini, tepatnya saat Onggy mengambil keputusan yang terkesan mengadu nasib keluarganya kepada keberuntungan.

( Foto : Celebrity.okezone.com )

Repetisi peristiwa-peristiwa sedih yang dialami oleh Onggy memang cukup berhasil membakar semangat orang yang menontonnya untuk terus mendukung Onggy. Sayangnya, plot cerita terkesan terlalu meloncat-loncat sehingga secara garis besar kita bisa menilai adanya keklisean dalam ceritanya. Misalnya, saat Onggy memutuskan untuk menjadi motivator.

Sebelumnya tidak diceritakan bagaimana dan Onggy bisa memiliki kemampuan sebagai motivator. Dia masuk ke profesi itu begitu saja seolah tidak ada halangan yang berkaitan dengan modal kemampuannya dalam persoalan retorika. Intinya, film ini memang tidak mengisahkan bagaimana Onggy mampu membangun kemampuannya sebagai motivator karena film ini lebih berfokus kepada kisah sedih yang dialami oleh Onggy sebelum dia sukses.

Terlepas dari segala kekurangan, film ini memang mampu memberikan kobaran semangat pada orang-orang yang menontonnya, sama seperti saat kita mendengar kata-kata dari seorang motivator.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wow! 9 Film Ini Menginspirasi Perkembangan Teknologi Dunia

8 Superhero yang Diduga Akan Tewas Dalam Avengers: Infinity War!