in

Belum Dirilis Dalam Negeri, Athirah Telah Menuai Pujian di 3 Festival Film Internasional

Movimagz – Angin segar kembali berhembus dari perfilman Indonesia karya anak bangsa. Dimana film Athirah yang bahkan belum dirilis di dalam negeri nyatanya telah menuai pujian di 3 Festival Film Internasional. Yaitu Vancouver International Film Festival, Busan International Film Festival dan yang terakhir adalah Tokyo International Film Festival.

Tentunya ketiga Festival Film Internasional tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata begitu saja. Sehingga semakin membuat film Athirah memiliki bobotnya sendiri. Hal tersebut seperti yang diungkapkan langsung oleh Philip Cheah yang merupakan konsultan program film Asia:

“Melalui emosi yang sepi namun menyayat hati membuat Athirah, istri pertama yang terabaikan menyingkap selubung di balik mitos perkawinan yang penuh cinta, pengabdian dan penyerahan.” Jelasnya.

Film Athirah sendiri adalah sebuah film yang menceritakan tentang perjuangan dari Ibunda Jusuf Kalla pada waktu lampau. Dimana berbagai rintangan, konflik dan kebudayaan terus bertempur antara satu sama lain. Sesuatu yang kemudian membentuk Athirah menjadi sosok ibu yang bukan hanya kuat namun juga tidak terlupakan. Cerita dari film ini sendiri merupakan adaptasi dari novel laris karangan Albertheine Endah. Seperti yang diketahui nama Albertheine Endah memang dikenal dengan tulisan-tulisannya yang sederhana namun selalu memiliki makna yang luas sekaligus dalam.

Hal sama yang kemudian ia lakukan pada cerita Athirah yang diubahnya menjadi luar biasa. Berangkat dari sanalah kemudian sutradara handal Indonesia yaitu Riri Riza mencoba mengangkatnya ke layar lebar. Tentunya bukan perkara yang mudah untuk mentransfer kekuatan cerita Athirah yang berbentuk tulisan untuk kemudian mewujud dalam gambar bergerak. Untuk itulah, Riri Riza lantas menunjuk penulis skenario handal Indonesia yaitu Salman Aristo untuk membantunya menuliskan skenario film. Dimana salah satu kerjasama terbaik mereka adalah menghasilkan film Indonesia terlaris sepanjang masa yakni Laskar Pelangi. Dan apabila dilihat dari trailer Athirah yang telah beredar pasti penonton merasakan kemiripan dengan Laskar Pelangi. Mulai dari gambar filmnya, latar belakang film hingga tone suaranya. Namun lepas dari itu semua, film Athirah tetap pantas diberikan pujian atas keberhasilannya ditayangkan di 3 Festival Film International yang bergengsi. Rasa bangga pun tidak bisa ditutupi oleh sang sutradara yaitu Riri Riza atas keberhasilan dari film tersebut.

“(Film) Athirah adalah sebuah penghormatan bagi semua ibu, sebuah film yang sangat khusus bagi saya. Senang sekali bisa memutar karya ini di hadapan penonton Internasional.” Ungkap sutradara yang juga telah banyak menghasilkan film-film Indonesia berkualitas tersebut.

Tentunya kesuksesan film Athirah di luar negeri semakin meningkatkan rasa penasaran penonton terhadap film produksi Miles Film tersebut. Sehingga film Athirah tentunya disambut hangat oleh banyak pihak. Karena kehadiran film Athirah diharapkan mampu menambah euforia penonton yang tengah mengandrungi film nasional. Sehingga slogan bahwa film Indonesia harus bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri bukan hanya menjadi isapan jempol belaka.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Batman Day! 10 Fakta Batman yang Tak Banyak Diketahui

Christoper Nolan, Harry Styles dan Teaser Dunkirk yang Bikin Penasaran