Movimagz – Film Dunkirk (2017) yang disutradarai oleh Christopher Nolan berhasil menuai banyak pujian dari kritikus-kritikus film. Bahkan, banyak yang mengatakan bahwa Dunkirk adalah garapan Nolan yang terbaik setelah trilogi The Dark Knight yang dibintangi oleh Christian Bale. Dunkirk memang menawarkan nuansa baru dalam film bertema perang sehingga banyak yang mengatakan bahwa film ini bukanlah film perang biasa.

indiewire.com

Christopher Nolan adalah satu di antara sekian banyak sutradara yang sangat perfeksionis dalam mengerjakan film-filmnya. Nolan sangat teliti dalam menggarap setiap aspek yang berpengaruh terhadap pembuatan film sehingga wajar saja jika film-film yang digarapnya seringkali menuai kesuksesan baik dari segi pendapatan maupun kualitas.

Nolan terbilang cukup tegas dalam mengondisikan kegiatan syuting. Setiap pengambilan gambar, Nolan selalu membuat aturan-aturan ketat agar syuting dapat berjalan sesuai dengan yang dia harapkan. Bahkan, terkadang aturan-aturan yang dibuatnya itu terkesan berlebihan jika dipandang oleh orang awam. Pengetatan aturan itu pun dilakukan oleh sutradara Martin Scorsese, yang selalu melarang setiap orang yang terlibat saat syuting untuk mengenakan arloji. Menurut Scorsese, arloji dapat membuat orang tidak fokus karena mereka akan selalu mengecek jam setiap saat. Hal itu dianggap dapat memecah situasi hening yang terbangun dalam setiap pembuatan filmnya.

dailynews.com

Christopher Nolan pun memiliki kebijakan yang cukup nyentrik dalam setiap pengambilan gambar. Dia melarang adanya kursi dan botol minuman di setiap lokasi syuting. Dilansir dari cinemablend.com, menurut Nolan benda-benda tersebut dapat mengganggu konsentrasi para kru dan aktor. Kursi dapat memberi kesempatan orang-orang untuk bersantai sejenak, dan hal itu dianggap oleh Nolan sebagai suatu hal yang dapat memecah fokus dari para kru dan pemain. Begitu juga dengan botol minuman. Botol minuman yang biasanya terbuat dari plastik, seringkali membuat suara yang bising saat sudah kosong, dan hal itu dianggap oleh Nolan sebagai sesuatu yang mengganggu proses syuting.

Selain dapat menyebabkan suara berisik, pelarangan adanya botol minuman pun dianggap sesuai dengan pembangunan karakter pada para pemain yang berperan dalam film Dunkirk. Saat para pemain tidak meminum air yang cukup, mereka akan lebih mendalami karakter yang terlihat lesu dan kelelahan ketika harus menyelamatkan diri dari kepungan tentara Nazi. Para pemain akan terlihat tegang dan emosi mereka pun akan lebih meledak-ledak saat tubuhnya tidak diasupi oleh air mineral yang memadai.

pinterest.com

Mungkin bagi sebagian kru dan pemain, kebijakan yang dibuat oleh sutradara seperti Christopher Nolan adalah hal yang tidak berkaitan dengan pembuatan film dan dirasa tidak perlu. Namun, Nolan tetap bersikeras untuk membuat aturan-aturan yang ketat agar timnya tidak teralihkan oleh berbagai hal yang dapat membuat mereka terlalu rileks dan tidak fokus dalam mengerjakan tugasnya. Selain itu, ketegasan Nolan itu pun memang tidak sia-sia. Hal itu dapat dilihat dari kesuksesan film-filmnya yang kerap kali mendapatkan kritik-kritik yang positif dari para pencinta film.

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…