Movimagz – Novel Dilan karya Pidi Baiq yang menjadi bestseller, akan diangkat ke layar lebaroleh Falcon Pictures dan Max Pictures. Setelah aktor yang akan memerankan Dilan dirahasiakan selama beberapa waktu, akhirnya pihak tim produksi mengeluarkan pernyataan bahwa tokoh Dilan akan diperankan oleh Iqbaal Dhiafakhri Ramadhan yang lebih dikenal dengan nama Iqbaal CJR.

Keputusan itu sempat mengejutkan para netizen, khususnya penggemar novel Dilan, yang beranggapan bahwa Iqbaal CJR tidak cocok untuk membawa karakter seperti tokoh Dilan. Beberapa netizen bahkan ada yang sampai merekomendasikan aktor-aktor lain yang mereka rasa lebih cocok untuk memerankan tokoh anak badung itu.

expellianmus.blogspot.co.id

Iqbaal sendiri sebenarnya sedikit terkejut dengan tawaran peran ini, apalagi saat ini dirinya sedang istirahat dulu dari dunia hiburan dan mengambil kuliah di Armand Hammer United World College, Amerika Serikat. Menurut penuturan Iqbaal yang dilansir dari kapanlagi.com, dirinya mendapatkan tawaran dari sutradara dan penulis novelnya langsung, yakni Fajar Bustomi dan Pidi Baiq.

Fajar Bustomi dan Pidi Baiq pun bertemu dengan Iqbaal saat personil CJR itu sedang liburan, setelah sebelumnya orang tuanya dihubungi oleh pihak Falcon Pictures. “Akhirnya gue ketemu sama Pak Fajar dan Ayah (Pidi Baiq). Terus gue alhamdulillah dipilih langsung sama mereka buat jadi Dilan. Buat gue ini tanggung jawab yang besar banget,” ujar Iqbaal saat ditemui di kantor Falcon Pictures, kawasan Duren Tiga, Jakarta Selatan.

entertainment.kompas.com

Ditanyai perihal pemilihan Iqbaal sebagai pemeran Dilan, Fajar Bustomi selaku sutradara mengatakan, “Insha Allah saya yakin dia (Iqbaal) bisa membawakan karakter Dilan dengan tepat. Dan secara kedekatan pribadinya, relijiusnya, pinternya. Dilan itu kan cukup relijius dan pintar. Anaknya juga nyentrik dan punya cara berpikir yang berbeda” (sumber: antaranews.com). Fajar juga mengatakan bahwa dirinya sudah meng-casting beberapa orang sebelumnya, dan setelah setahun mencari-cari pemeran yang tepat dan berdiskusi dengan beberapa pihak, akhirnya Iqbaal lah yang mendapatkan peran itu.

Terkait dengan pendapat netizen yang kecewa atas pemilihan Iqbaal untuk memerankan Dilan, Pidi Baiq selaku penulis novel Dilan pun menyatakan keteguhannya untuk menempatkan Iqbaal sebagai Dilan yang dilansir dari twitter.com. Misalnya, ketika membalas cuitan Twitter dari musisi Anji yang berbunyi: “”tapi kan image-nya dulu boyband. Saya inget banget waktu lagi jaya-jayanya”. Pidi Baiq membuat perumpamaan dalam cuitannya yang mengatakan, “Saya ada tetangga yang dulunya preman sekarang sangat saleh, dan saya sangat hormat kepadanya”.

twitter.com

Selain cuitan tersebut, Pidi Baiq juga meladeni para netizen yang bertanya-tanya di dalam beberapa kesempatan. Salah satu pembelaannya itu berbunyi, “Boyband adlh urusan hidupnya Iqbal, itu tak ada sangkut pautnya, ini bukan cerita Iqbal, ini cerita Dilan yg diperankan Iqbal”. Kebanyakan netizen yang menggemari novel Dilan memang beranggapan bahwa Iqbaal kurang cocok menjadi pemeran Dilan itu disebabkan oleh imej boyband yang melekat pada dirinya sehingga Pidi Baiq pun sampai melontarkan cuitan tersebut.

Selain Iqbaal, jajaran aktor yang akan berperan dalam film ini diantaranya ada Vanesha Prescilla sebagai Milea, Gusti Rayhan sebagai Akew, Steffi Zamora sebagai Susi, Yoriko Angeline sebagai Wati, Zulfa Maharani sebagai Rani, dan Debo Andryos sebagai Nandan.

showbiz.liputan6.com

Leave your vote

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hey there!

Forgot password?

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…